Manfaat Konten Live Streaming Saat Pandemi Covid 19

Sebelum adanya pandemi covid-19 yang membuat seluruh negara harus melakukan karantina diri bahkan lockdown, kegiatan Live streaming sudah menjadi tren yang digunakan oleh para milenial dan Gen Y. Hampir semua platform media sosial memiliki layanan live streaming. Mulai Facebook, WhatsApp, Twitter, Instagram, sampai YouTube. Sedangkan, penyedia layanan streaming antara lain, Clip On Yu, Bigo Live, Live.me, sampai 17Live.

 

Sempat melambungkan nama content creator (pembuat konten), Live Streaming eksis dan makin produktif di saat wabah virus corona menjelma. Alhasil, masyarakat yang melakukan karantina diri mulai berselancar mencari hiburan #dirumahaja. Bukan hanya itu saja, sebagian besar dari kalian ada yang memanfaatkan konten Live Streaming sebagai ajang produktivitas diri hingga mencari uang.

 

Mau tau manfaat apa saja yang bisa dihasilkan content creator dalam membuat konten Live Streaming saat pandemi covid-19? Simak ulasannya dibawah ini.

 

Apa itu Live Streaming?

 

Bagi yang belum paham betul, Live streaming merupakan konten video yang disiarkan secara langsung melalui internet, dimana kamu tidak perlu lagi melakukan editing dan post production. Hanya perlu menyalakan kamera lalu mulai merekam kapanpun yang kamu mau.

 

Live streaming juga bersifat interaktif sehingga audience dapat langsung meninggalkan komentar serta reaksi selama video berlangsung. Selain itu, followers akun kamu akan mendapatkan notifikasi setiap kali melakukan live streaming.

 

Biasanya, video setelah selesai juga akan langsung tersimpan sehingga kamu bisa menontonnya kembali. Dengan begitu, teman-teman anda yang ketinggalan video dapat menontonnya kembali.

 

Saatnya Menampilkan Bakatmu

 

Dari pada bingung waktu yang kamu pergunakan gak menghasilkan apapun, bahkan menjadi boomerang di usia produktif, coba lakukan hal ini. Sama seperti berbicara pada kaca (bila kamu gak pede), cari topik yang ingin kamu bahas dalam rekaman video tersebut. Nyalakan sebuah gerakan baru dalam duniamu yang sudah lama tertidur. Pembahasan dalam live streaming bersifat bebas dan terbuka (kecuali bersifat negatif yang dilarang dalam undang-undang).

 

Mumpung live streaming lagi hits, tinggal kamu mengasah kemampuan bicara-mu atas pengalaman yang pantas untuk diutarakan. Biasanya, untuk menjadi content creator baru bisa memperkenalkan diri terlebih dahulu.

 

Konten fresh jadi pusat perhatian saat Karantina

 

Ini penting! Semakin banyak content creator, topik atau konten akan semakin bersaing. Karena konten live streaming tidak dapat diedit, video “raw” atau mentah tersebut, buatlah kesan baru untuk audience. Selain itu, dengan live streaming, kamu bisa berbagi kabar seputar pengalaman (yang belum tentu sama dengan yang lain). Selain penonton kamu mendapat kesan baru dalam kehidupan kamu, mereka juga dapat terhibur dalam kondisi karantina saat ini.

 

Menciptakan Brand Awareness dan Terkenal

 

Dengan melakukan live streaming yang berbisnis atas branding, kamu memiliki perhatian khusus pada pengunjung channel. Selain itu juga dapat menjangkau audience baru yang mungkin tidak dapat dilakukan dengan cara biasa.

 

Sebuah penelitian dari Magid mengenai customer di Amerika mengatakan bahwa customer yang berusia 8 sampai 64 tahun merasa dengan live video membuat mereka menjadi update.

Live streaming juga lebih orisinil dibandingkan jenis marketing lainnya. Dimana dengan Live streaming menjadi sesuatu objek hiburan yang dicari banyak orang, khususnya, dibandingkan dengan konten text maupun video on demand (VOD).

 

Penelitian terbaru dari Livestream.com, menemukan bahwa dari orang yang telah diwawancarai, 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah merek atau brand daripada dengan membaca blog. Penelitian yang sama juga telah menunjukkan bahwa waktu rata-rata yang dihabiskan untuk melihat video langsung di ponsel mencapai 125% lebih banyak daripada VOD dan 1300% lebih banyak di PC.

 

Lakukanlah mulai sekarang, sehingga bermanfaat untuk dirimu dan banyak orang yang membutuhkan hiburan saat #dirumahaja.

 

Bisa menambah pendapatanmu

 

Manfaat selanjutnya adalah menghasilkan pundi-pundi keuangan. Semakin banyak penonton, semakin konten mengajak bersemangat untuk membuat mereka betah menyaksikan sampai selesai. Jika pengunjung merasakan sensasi yang menyenangkan, ada reward yang akan kamu terima. Biasanya, reward ini bisa dikumpulkan dalam bentuk virtual. Jika sudah lumayan banyak maka reward itu bisa ditukarkan dengan uang, lho.

 

Tebar kebaikan melalui event online

 

Salah satu platform live streaming atau event online versi KiosTix adalah KiosLive. Bila kamu memiliki konten hiburan keren dan ingin ditayangkan menjadi event online, bisa kerjasama dengan KiosTix. Kamu hanya perlu mengirimkan link url atau menyiapkan konsep live perform sesuai kebutuhan konten kamu, nanti biar #KiosTixAja yang menyiapkan detail event online-nya.

 

Selain dapat menghibur dari konten keren yang kamu buat, ada sebuah kampanye kebaikan dari #JagaAmanGardaDepan yang disisipkan dalam upaya membantu garda terdepan atau tim medis yang berhadapan langsung dengan covid-19. Dari kampanye tersebut, penonton live streaming kamu dapat berdonasi langsung lewat QR Code yang terdapat di layar.

 

credits : https://www.kiostix.com/en/article/514/manfaat-konten-live-streaming-saat-pandemi-covid-19